NAMA :
ERNI USMAN
KELAS
: 1PA13
NPM :
13514637
MATKUL
: PSIKOLOGI PENDIDIKAN
PENDIDIKAN DI INDONESIA MENURUT TINJAUAN PSIKOLOGI
Pendidikan adalah eksperimen yang tidak
pernah selesai sampai kapan pun, sepanjang ada kehidupan manusia di dunia ini.
karena, pendidikan merupakan bagian dari kebudayaan dan peradaban manusia yang
terus berkembang. Hal ini sejalan dengan pembawaan manusia yang memiliki
potensi kreatif dan inovatif dalam segala bidang kehidupannya. Pendidikan
menjadi perhatian penting bagi masyarakat, akhir-akhir ini pendidikan diarahkan
untuk menanggulangi permasalahan putus sekolah, kenakalan anak, pengangguran
dan dunia kerja. Pendidikan kita sekarang belum banyak memperhatikan minat dan
kebutuhan anak didik. Pendidikan kita masih banyak dibumbui dengan
masalah-masalah kompetensi lembaga pendidikan serta pemenuhan kebutuhan dunia
kerja akan tenaga kerja.
Dari kenyataan tersebut, maka sudah tiba masanya
sekarang pendidikan lebih melayani kebutuhan dan hakikat psikologis anak didik.
Pendidikan seharusnya mempunyai kreasi-kreasi baru dengan berorientasi kepada
sifat dan hakikat anak didik. pengetahuan psikologis tentang anak didik menjadi
suatu hal yang sangat penting dalam pendidikan , karena pengetahuan tentang
psikologi pendidikan menjadi kebutuhan bagi para pendidik, bahkan bagi setiap
orang yang merasa dirinya seorang pendidik.
Sehubungan dengan pentingnya
mengetahui tentang landasan psikologis dalam pendidikan maka pembahasan yang
dilakukan sangat perlu dibincangkan. Pendidikan selalu melibatkan kejiwaan
manusia, sehingga landasan psikologi merupakan salah satu landasan yang penting
dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu pendidik
harus mengetahui apa yang harus dilakukan kepada peserta didik dalam setiap
tahap perkembangan yang berbeda dari bayi hingga dewasa.
Dengan demikian, psikologi adalah salah satu landasan
pokok dari pendidikan. Antara psikologi dengan pendidikan merupakan satu
kesatuan yang sangat sulit dipisahkan. Subyek dan obyek pendidikan adalah manusia, sedangkan psikologi
menelaah gejala-gejala psikologis dari manusia. Dengan demikian keduanya
menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan.
Dalam proses dan
pelaksanaan kegiatan-kegiatan pendidikan peranan psikologi menjadi sangat
mutlak. Analisis psikologi akan membantu para pendidik memahami struktur
psikologis anak didik dan kegiatan-kegiatannya, sehingga kita dapat
melaksanakan kegiatan-kegiatan pendidikan secara efektif.
SARAN SAYA :
karena begitu pentingnnya landasan psikologi dalam pendidikan maka seluruh
calon pendidik dan para pendidik diharapkan mampu mempelajari serta
mengaplikasikan landasan psikologi dalam pendidikan agar proses pendidikan diindonesia bisa memiliki kemajuan yang baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar